Apa Itu Lubang Hitam Dan Bagaimanakah Mereka?

Sepertinya hari ini orang-orang yang menyukai space alias hal-hal yang berkaitan dengan ruang angkasa agakanya bertambah, ataupun orang-orang yang menyukai space yang bekerja di bidang entertaiment dunia per-filman. Hal ini ditunjukan dengan dirilisnya film-film bergenre space atau science-fiction yang tidak kalah boomingnya dengan film dengan genre lain. Dan di film seperti Star Trek, The Black Hole, Interstellar lah black hole atau lubang hitam beberapa kali tampil di layar lebar.

Apa Itu Lubang Hitam
ilustrasi black hole source http://www.pbs.org

Black Hole memang sebuah ‘entitas’ yang menarik, dimana keberadaannya benar-benar membingungkan dan tidak terlihat, so sangat sulit untuk menemukan keberadaan black hole alias lubang hitam ini. Dan yang menarik adalah jika kamu mengarungi ruang angkasa dengan sebuah space-ship yang nggak pernah kehabisan bahan bakar dan tahan terhadap semua kerusakan, maka berapa bijikah black hole yang dapat kamu temukan?

Sebelum kamu menjawab pertanyaan itu, yuk kita kenalan dulu dengan black hole.

Apa itu lubang hitam?


Sederhananya lubang hitam adalah sebuah wilayah ruang-waktu yang mempunyai gravitasi yang sangat kuat, saking kuatnya cahayapun nggak bisa melepaskan diri darinya. Karena cahaya pun tidak bisa kabur, maka lubang hitam ini benar-benar gelap dan saking  gelapnya sampai seolah-olah tidak ada apa-apa. Maka dari itu para ilmuwan menyebutnya black hole.

Kenapa cahaya bisa termakan oleh lubang hitam?


Cahaya bergerak sangat cepat, dengan kecepatan 300.000.000 km per detik. Dengan kecepatan yang sangat kuat tersebut kiranya sangat mustahil ada sesuatu yang dapat menghentikannya.

lubang hitam
black hole sedang makan source https://www.nasa.gov

Bayangkan ini: jika kamu melempar sebuah bola dengan sangat keras, sehingga bola itu melaju dengan kecepatan 12 km per detik, maka akan terjadi dua kemungkinan: 1. Bola itu akan terlempar ke luar angkasa (dia akan bisa melawan kecepatan lepas gravitasi bumi, 11.2 km/detik). 2. Kamu akan menyadari kalau kamu bukanlah manusia normal lagi :D. Bisa disimpulkan kalau kecepatan lepas gravitasi dari cahaya masih kalah dengan gravitasi lubang hitam.

Ketika bintang masiv mati, dia akan meledak sebagai sebuah supernova meninggalkan intinya dan dia akan menjadi bintang neutron atau menjadi lubang hitam. Tidak hanya itu, sebuah penilitan lanjutan menemukan kalau di pusat galaksi kita juga ada black hole yang mempunyai jutaan solar-massa. Selain itu para peneliti juga percaya bahwa benih-benih black hole itu ada sebelum galaksi dan bintang-bintang terbentuk.

Chandra X-Ray Observatory


Penemuan Observatorium Chandra merupakan sebuah langkah besar dalam mempelajari black hole. Chandra merupakan laboratorium luar angkasa yang diluncurkan NASA pada 1999. 100 kali lebih sesnstiv terhadap X-Ray dari alat-alat yang pernah ditemukan. Dan bisa dikatakan Chandra ini adalah observatori terbaik dimana didalamnya ada Teleskop Hubble, Teleskop Spitzer dan Observatorium Sinar Gamma Compton.

chandra x-ray observatory
chandra x-ray observatory source https://www.nasa.gov/

Pada 2001, Chandra mendeteksi emisi X-Ray pertama dari supermasiv black hole bernama Sagitarius, dimana Sagitarius ini letaknya ada dipusat galaksi kita. Selain itu Chandra juga menemukan black hole di galaksi M82. Dan penemuan terakhirnya ada di Februari, 2016 ketika dia merekam jet dari jarak kejauhan black hole bernama B3 0727+409 yang sedang diterangi oleh sisa cahaya dari big bang.

sagitarius black hole
sagitarius black hole source http://nasa.gov/

Untuk infromasi lebih lanjut Obervatori Chandra dan penemuan-penemuannya ini kamu bisa pantau di webistenya (disini).

Ya, black hole merupakan hal yang masih misterius. Mungkin jumlah mereka sangatlah banyak. Tapi kita masihlah membutuhkan teknologi yang sangat maju untuk benar-benar mendapatkan kejelasan dari sebuah fenomena yang misterius ini di alam semesta kita (black hole).


Apa Itu Lubang Hitam Dan Bagaimanakah Mereka? Apa Itu Lubang Hitam Dan Bagaimanakah Mereka? Reviewed by Herosimo Sribiko on Rabu, Maret 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.